Tips agar SUKSES BRANDING Saat Pameran


Branding adalah proses mengenalkan, membangun dan mengembangkan brand suatu produk. Banyak cara untuk melakukan proses branding ini, salah satunya dengan mengikuti suatu pameran.
Namun terkadang banyak yang salah mengartikan maksud dari mengikuti pameran, yang di mana lebih mengharapkan keuntungan dari penjualan produk (omset). Padahal “laku” produk kita di pameran adalah bonus yang terpenting adalah bagaimana kita fokus pada mengenalkan produk dan mendapatkan feedback dari konsumen sehingga kita dapat mengevaluasi dan memperbaiki produk kita.

Agar proses branding saat mengikuti pameran, bacalah tips berikut :

1. Lihat tema pameran yang diselenggarakan

Sebagai pemilik usaha kecil menengah, meneliti tema pameran yang hendak diikuti menjadi suatu kewajiban yang perlu Anda penuhi. Jangan sampai Anda mengikuti pameran yang tidak sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Bila bisnis Anda bergerak di bidang fashion dan retail maka tema pameran yang wajib Anda ikuti adalah tema pameran produk local atau fashion.

2. Lihat event organizer penyelenggar dan telusuri pengalamannya

Saat ini pameran yang merangkul pengusaha UKM banyak diselenggarakan. Untuk menarik perhatian unit usaha, pihak penyelenggara seringkali menawarkan beragam keunggulan baik dari segi fasilitas maupun harga. Akan tetapi, tidak jarang pameran seringkali berakhir dengan kekecewaan yang harus diterima oleh para unit usaha yang bergabung akibat dari pola manajemen event organizer yang jauh dari kata baik.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda selaku pebisnis UKM untuk dapat menelusuri pengalaman event organizer dalam menyelenggarakan suatu kegiatan. Karena semakin banyak event yang pernah ditangani, semakin baik dan terstrukturlah pula pameran yang akan dijalankan nantinya. Sehingga Anda tak perlu merasakan kebimbangan lagi saat mengikuti pameran.

3. Lihat lokasi dimana pameran akan diselenggarakan

Lokasi adalah komponen penting yang perlu diperhatikan dalam berbisnis. Karena lokasi yang strategis tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi bisnis yang dijalani. Sebelum Anda mengikuti pameran, pastikan bahwa lokasi pameran tersebut diselenggarakan di tempat yang strategis. Dengan begitu, potensi kunjungan pameran akan lebih banyak mengingat tempat yang strategis tentu akan memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk berkunjung ke lokasi pameran.

Dan apabila Anda hendak memilih lokasi stand di pameran. Pastikan bahwa stand yang Anda pilih memiliki lokasi yang strategis, memiliki view yang luas dan mudah dilihat dengan jelas. Sebagai rekomendasi, lokasi stand bisa berada di area pintu masuk, di persimpangan dan di tempat yang banyak dilalui orang – orang.

4. Lengkapi alat – alat promosi

Saat Anda berupaya untuk mengikuti pameran. Sangat penting bagi Anda untuk melengkapi stand Anda dengan atribut promosi yang dibutuhkan. Seperti spanduk, souvenir, stand banner, pamphlet, sample produk atau bahkan Anda juga dapat melengkapinya dengan TV LCD yang diisi dengan iklan produk Anda. Sebagai bahan untuk memfollow-up konsumen, Anda dapat menyediakan form kunjungan konsumen. Sehingga data tersebut nantinya dapat digunakan untuk menghubungi konsumen.

 


Leave a Reply