Ingin Menarik Perhatian Konsumen? Gunakan 5 Bahasa Marketing ini !


Pernah ke Tanah abang Jakarta atau ke Pasar Baru Bandung?
Pernah dengar “mari kakak lihat bajunya murah/bagus” atau “mari mau tambah belanja lagi” ?Pernah disodorin sama penjualnya untuk mencoba produk yang dijual?

Bagaimana rasanya? Anda menjadi Tertarik atau malah ilfeel (ilang feeling)?

Sebenarnya ada strategi yang bisa membuat calon konsumen tertarik dengan produk kita, ini berlaku untuk yang toko online maupun toko konvensional. Strategi bisa dimulai dengan memanfaatkan media yang tepat untuk memicu perhatian dari calon konsumen. Berbubung dunia online tidak memungkinkan calon konsumen untuk melihat mimik muka dan gestur secara langsung, sebaga gantinya hal itu akan terlihat dari kata – kata yang Anda gunakan saat berkomunikasi dengan calon konsumen.

1. Kata “Gratis” yang mujarab

Faktanya, kata “Gratis” memang dapat menarik perhatian siapapun yang membacanya. Seringkali kata “gratis” identik sekali dengan potongan harga yang luar biasa, produk yang terjangkau atau produk yang diberikan secara free. Contohnya dapat dilihat dengan beli 3 gratis 1, gratis piring cantik dan sebagainya. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa Anda sebagai penjual yang baik jangan sampai membuat konsumen Anda merasa tertipu.

2. Kata “Garansi”

Ungkapan kata “Garansi” memang terbilang ampuh untuk menghempaskan keraguan pelanggan pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Karena seringkali beragam ketakutan muncul dalam benak konsumen saat memutuskan untuk belanja online. Seperti takut tertipu, takut barang tidak sesuai dengan aslinya, takut barang tidak sampai di tujuan dan berbagai jenis ketakutan lainnya. Tentu kata “Garansi” ini cukup efektif untuk meyakinkan konsumen Anda agar mempercayakan kebutuhannya di toko online Anda.

3. Pilih sebutan Anda atau Kamu?

Penggunaan kata sapaan hendaknya disesuaikan dengan target market bisnis Anda. Untuk penggunaannya sendiri, kata “Anda” menciptakan kesan professional, formal, interaktif dan sopan. Sedangkan kata “kamu” memiliki kesan yang lebih santai, hangat dan bersahabat. Meski begitu, saat ini banyak sekali akun sosial media perusahaan bonafit yang menggunakan sapaan kata kamu agar dapat lebih mengakrabkan diri dengan calon konsumen.

4. Penggunaan kata “New” agar lebih menarik

Setiap orang selalu tertarik atau bahkan penasaran dengan segala hal yang baru. Dengan menambahkan kata “New” tentu akan membuat orang – orang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Misalnya Anda dapat mencoba menggunakan kata new specification, new fitur, new innovation dan sebagainya.

5. Kata “Aman” membuat konsumen menjadi nyaman

Menggunakan kata “Aman” lebih dominan digunakan untuk produk – produk seperti obat maupun produk herbal serta zat – zat kimia. Namun, sebelum Anda menggunakan kata ini dalam upaya marketing Anda. Alangkah baiknya bila Anda menganalisa terlebih dahulu kebenarannya.

Jika memungkinkan, Anda dapat meminta izin langsung dari instansi kesehatan untuk menjamin kebenaran atau legalitas dari produk tersebut. Setelah terbukti aman, Anda dapat menggunakannya sebagai bahasa marketing Anda. Karena kata aman ini rupanya dapat membuat pelanggan loyalitas terhadap produk yang Anda tawarkan.

Demikianlah 5 bahasa marketing yang ampuh untuk menarik perhatian konsumen. Semoga ulasan mengenai Bahasa marketing ini dapat memberikan manfaat serta pemahaman terbaik untuk Anda.

,

Leave a Reply